Makanan Penghancur Kolesterol Jahat

Makanan Penghancur Kolesterol Jahat,- Istilah kolsterol lebih sering terdengar dengan istilah penyakit. Sebenarnya koleterol adalah salah satu jenis lemak yang ada dalam darah.  Didalam tubuh terdapat dua jenis koleterol yaitu kolesterol jahat (LDL),  dan kolesterol baik HDL. Untuk mengetahui fungsi dari masing-masing kolesterol simak penjelasan berikut.

Makanan Penghancur Kolesterol Jahat

Kolesterol jahat (LDL) adalah jenis molekul kecil yang beredar dari hati ke berbagai organ untuk memperbaiki membran dan produksi hormon. Namun yang menjadi masalah adalah bahwa LDL akan meninggalkan endapan kolesterol di dinding pembuluh arteri dalam bentuk plak lemak saat melewati arteri, yang dapat meradang dan mempersempit dinding pembuluh darah, menyebabkan gumpalan darah. Kelebihan kolesterol LDL tak akan diproses oleh hati, dan akan semakin mempercepat untuk menumpuk pada plak diarteri. Sehingga, jika kadar koleterol jahat melebihi angka normal akan sangat berbahaya untuk kesehatan. Karena dapat mempertinggi resiko serangan stroke dan jantung.

Makanan Penghancur Kolesterol Jahat

Perlu anda ketahui sebenarnya sumber utama kolesterol adalah tubuh kita sendiri, terutama hati. Hampir 80% kolesterol diproduksi oleh organ hati. Sedangkan yang menjadi sumber kedua koleterol adalah makanan. Sehingga, jika seseorang banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi maka secara otomatis kadar koleterol dalam tubuhnya akan meningkat, bahkan bisa melebihi angka normal. Untuk mengatasi hal itu, sebaiknya hidari makanan yang banyak mengandung koleterol. Dan perbanyak konsumsi Makanan rendah koleterol. Berikut adalah beberapa Makanan Penghancur Kolesterol Jahat :

  • Beras Merah

    Beras merah merupakan salah satu jenis beras yang mempunyai kandungan Vitamin B, selenium, magnesium dan fitonutrien. Beras merah dapat dipakai untuk menurunkan kadar lemak darah. Kandungan serat tinggi dalam beras merah juga akan membantu menurunkan gula darah dan berat badan.

  • Kacang-kacangan

    Kacang-kacangan seperti kacang mede, almond, kenari, atau sayur (sayur kacang panjang misalnya) memiliki kandungan asam lemak tak jenuh ganda yang sangat baik untuk kesehatan pembuluh darah dan dapat menurunkan kolesterol. Kacang panjang akan mengandung banyak serat yang memperlambat laju dan jumlah penyerapan kolesterol dalam makanan. Jangan makan kacang-kacangan yang sudah diberi  garam dan gula. Untuk menurunkan kadar koleterol konsumsi kacang-kacangan secara teratur dan tidak terlalu berlebihan.

  • Bayam

    Sayuran yang satu ini mengandung zat lutein yang berguna bagi kesehatan mata. Selain itu bayam juga berfungsi sebagai pelindung kesehatan jantung dan melindungi jantung dari lemak yang ada pada pembuluh darah. Bayam merupakan sayuran penurun kadar kolesterol dalam tubuh. Bayam bisa dimasak sebagai sup, atau dibuat juice. Dianjurkan makan semangkuk sup bayam atau segelas juice setiap hari, selain kolesterol, bayam juga menjadi makanan penurun darah tinggi yang ampuh.

  • Buncis

    Buncis adalah sayuran rendah lemak (mengandung lemak tak jenuh ganda) dan merupakan sumber karbohidrat yang dibutuhkan penderita diabetes atau resistensi insulin. Juice buncis sekitar satu gelas setiap hari akan membantu menjurunkan LDL, trigleserida dan kolesterol jahat.

  • Kedelai

    Kedelai dan olahan lainnya seperti tahu, tempe, tepung kedelai, nutrela, nugget, dan susu kedelai merupakan makanan penurun kolesterol yang ampuh. Kedelai mengandung isoflavin yang berfungsi untuk menekan kolesterol jahat (LDL) agar tidak berkembang. Makanan berbahan kedelai sebaikn ya tidak dimasak dengan minyak biasa, ganti dengan minyak zaitun.

  • Bawang Putih

    Bawang putih berefek positif terhadap kesehatan jantung serta menurunkan kolestrol tinggi. Konsumsi bawang putih bisa melalui campuran dalam salad atau rempah dalam menu makanan.

  • Biji Bunga Matahari

    Biji bunga matahari ermasuk makanan penurun kolesterol karena mengandung sterol yang akan menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Dalam kehidupan sehari-hari dibuat makanan camilan dalam bentuk “kwaci”

Untuk menurunkan kadar koleterol dalam darah bukan hanya dengan menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi, dan memperbanyak makanan yang dapat menurunkan kolesterol. Tetapi, agar hasil lebih maksimal dan proses penurunan kadar kolesterol lebih cepat anda juga harus menerapkan pola hidup sehat dengan mengatur pola makan dan berolahraga secara rutin. Itulah informasi tentang makanan penghancur koleterol jahat, semoga penjelasan diatas bisa membantu anda dalam mengatasi masalah kolesterol tinggi.

Post by : Obat Penurun Kolesterol Dan Trigliserida Tinggi

Makanan Penghancur Kolesterol Jahat