Bahaya Kolesterol Tinggi Pada Ibu Hamil

Bahaya Kolesterol Tinggi Pada Ibu Hamil,- Selamat datang di situs kami. Di sini anda akan menemukan banyak informasi menarik tentang kesehatan. Pada postingan kali ini kami akan membahas tentang penyakit kolesterol tinggi. Anda mungkin sudah mengetahui bahaya koleterol tinggi bagi kesehatan. Lalu bagaimana bahaya kolesterol tinggi pada ibu hamil? Untuk menemukan jawabannya simak penjelasan berikut ini.

Bahaya Kolesterol Tinggi Pada Ibu Hamil

Kolesterol Tinggi

Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang terdapat dalam tubuh manusia. Pada dasarnya kolesterol berfungsi untuk membantu metabolisme dalam tubuh. Namun, jika kadar kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi atau berada di atas angka normal, maka akan sangat berbahaya untuk kesehatan. Kolesterol sebenarnya bersumber dari dalam tubuh. Yang menjadi sumber utama kolesterol adalah organ hati, bahkan hampir 80% koleterol di hasilkan langsung oleh hati. Dan sumber lain yang dapat mempengaruhi dan meningkatnya kadar koleterol dalam tubuh adalah makan. Seseorang yang mempunyai kadar koleterol di atas angka normal mempunyai resiko terkena serangan penyakit jantung dan stroke, atau bahkan kematian.

Kondisi seperti ini sangat membahayakan semua orang, terutama ibu hamil. Jika seorang ibu hamil mempunyai kolesterol tinggi maka akan membahayakan kondisi kehamilan atau bahkan terjadi ganggguan selama kehamilan. Dengan kadar koleterol yang tinggi, akan menyebabkan pembuluh darah ibu hamil mengalami penyempitan dan aliran darah tidak akan lancar. Dengan kondisi seperti ini secara tidak langsung pertumbuhan janin yang ada di dalam rahim akan mengalami beberapa gangguan.

Bahaya Kolesterol Tinggi Pada Ibu Hamil

Seorang ibu hamiol sangat di sarankan untuk melakukan pemeriksaan kadar kolesterol dalam tubuh secara rutin. Karena jika tiba-tiba kadar koleterol meningkat akan menyebabkan beberapa hal yang membahayakan kesehatan anda dan bayi yang ada dalam janin. Salah satu cara untuk meningkatakan kesehatan dan menjaga kestabilan kadar koleterol saat kehamilan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengatur asupan gizi selama kehamilan. Berikut adalah beberapa bahaya yang akan timbul akibat koleterol tinggi pada saat hamil :

  1. Sesak Nafas

    Bahaya yang kemungkinan mucul adalah sesak nafas. Kondisi seperti ini akan sering muncul dan di alami oleh ibu hamil yang mempunyai kadar kolesterol tinggi. Hal ini terjadi karena adanya penumpukan lemak di dalam pembuluh darah yang menyebabkan suplai oksigen ke otak mengalami gangguan. Dengan kurangnya oksigen ini membuat ibu hamil dan janin yang sedang tumbuh di dalam rahim mengalami kekurangan oksigen dan kesulitan bernafas.

  2. Mudah Lelah

    Seorang ibu hamil memang sering merasakan mudah lelah terutam saat usia kandungan yang sudah tua. Namun, kelelahan seperti ini akan dirasakan sangat berat bagi seorang ibu hamil yang mempumnyai kondisi tubuh dengan kadar koleterol tinggi. Hal ini terjadi akibat adanya penurunan daya tahan tubuh akibat kadar kolesterol yang tinggi.

  3. Terhambatnya aliran darah

    Bahaya koleterol pada ibi hamil yang selanjutnya adalah terhambatnya aliran darah. penumpukan koleterol di dinding pembuluh darah akan menyebabklan aliran darah terhambat, dan secara tidak langsung nutrisi dan oksigen yang biasa disebarkan oleh darah keseluruh tubuh akan terhambat. Kondisi seperti ini akan menyebabkan terganggunya proses pertumbuhan janin yang ada dalam rahim.

  4. Terjadinya gangguan pada kesehatan janin

    Koleterol tinggi merupakan salah satu penyebab munculnya beberapa jenis penyakit yang cukup serius. Penyakit tersebut misalnya jantung koroner, diabetes, stroke, hipertensi dan banyak lagi. Tentu saja beberapa penyakit kronis ini akan menyebabkan gangguan kesehatan dan mengganggu peroses pertumbuhan janin yang ada dalam rahim. Bukan tidak mungkin, janin akan mengalami abnormalitas dalam perkembangannya, dan efek terburuknya adalah kemungkinan untuk mengalami keguguran.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dengan penjelasan di atas anda yang sedang mengalami kehamilan dapat lebih berhati-hati dan lebih memperhatiikan kesehatan. Untuk menghiondari koleterol tinggi saat hamil sebaiknya hindari makanan yang mengandung koleterol, lebih banyak mengkonsumsi makanan bergizi, dan rutin melakukan olahraga ringan yang diperbolehkan untuk ibu hamil.

Post by : Obat Penurun Kolesterol Dan Trigliserida Tinggi

Bahaya Kolesterol Tinggi Pada Ibu Hamil